Senin, 19 Oktober 2015

Pemasaran Internet atau pemasaran elektronik (bahasa Inggris: Internet marketing, e-marketing, atau online-marketing) adalah segala upaya yang dilakukan untuk melakukan pemasaran suatu produk atau jasa melalui atau menggunakan media elektronik atau Internet. Huruf 'e' dalam e-marketing ini berarti elektronik yang artinya kegiatan pemasaran yang dimaksud dilaksanakan secara elektronik melalui jaringan Internet. Dengan terciptanya teknologi Internet, banyak istilah baru yang menggunakan awalan huruf e, seperti halnya: e-mail, e-business, e-gov, e-society, dll.


Lingkungan pemasaran Online

Kegiatan pemasaran Internet umumnya meliputi atau berkisar pada hal-hal yang berhubungan dengan pembuatan produk periklanan, pencarian prospek atau pencarian pembeli dan penulisan kalimat-kalimat pemasaran untuk menjual produk atau jasa. Pemasaran Internet ini secara umum meliputi kegiatan jasa digital, produk digital, dan periklanan dengan menggunakan spanduk digital. Periklanan dengan menggunakan spanduk digital seperti promosi melalui:

  • Mesin pencari 
  • Surat elektronik
  • Afiliasi


Manfaat pemasaran online


  1. Tidak terbatas dengan waktu karena bisa diakses 24 jam.
  2. Menjagkau pasar yang lebih luas, bahkan sampai ke manca negara.
  3. Mengurangi biaya pemasaran karena tidak perlu membuat outlet secara phisik dan juga tidak perlu brosur, spanduk, dan sebagainya.
  4. Memudahkah pelaku usaha untuk menjalin hubungan dengan konsumen melalui komunikasi interaktif dengan memanfaatkan ruang diskusi chatting atau email
  5. Strategi pemasaran lewat internet bisa memberikan nilai lebih dalam menghadapi persaingan.
Strategi Pemasaran Online

 pemasaran SEO

  1. Jangan menggunakan menu-menu Javascript dan image link. Mesin pencari tidak membaca Javascript, jadi gunakanlah HTML yang sederhana untuk situs Anda.
  2. Masukan konten berkualitas. Blog situs Anda harus ditulis dengan baik termasuk link dan informasi berkualitas. Konten yang ditulis dengan baik akan memberikan hasil pada traffic.
  3. Jangan berlebihan menggunakan kata kunci. Menggunakan kata kunci berlebihan tak akan menghasilkan traffic. Gunakan kata kunci unik yang fokus pada tittle tag dan hanya gunakan kata kunci dalam teks dengan sewajarnya.
  4. Blog tamu. Cari situs lain yang sejenis dengan situs Anda. Tanya pada pemilik situs apakah Anda bisa menulis di situsnya sebagai guest post dan memberikan back link ke situs Anda.
  5. Konten harus baru. Situs Anda membutuhkan blog meskipun Anda hanya menjual vacuum cleaner. Mesin pencari akan mencari konten baru sehingga Anda harus kerap memperbarui konten blog Anda.
 pemasaran pelanggan

  1. Adakan kontes. Jika Anda punya hadiah yang bisa diberikan, Anda bisa mengadakan kontes untuk meningkatkan traffic dan visibility situs Anda.
  2. Bagikan hadiah. Bagikan produk Anda sebagai hadiah undian bagi pengunjung situs. Dengan begitu Anda sedang membangun brand recognition dan memancing pelanggan untuk membeli produk Anda.
  3. Personalisasi email. Blog pemasaran online TopRank menyarankan personalisasi komunikasi untuk menjaga para pelanggan tetap tertarik. Amati bagaimana sikap pelanggan dan buat profil berdasarkan pengamatan tersebut. Setelah Anda selesai melakukannya, Anda bisa mulai mengirimkan email yang didedikasikan khusus untuk pelanggan tersebut.
  4. Jejaring sosial. Buat akun di berbagai jaringan sosial seperti Twitter, LinkedIn, Google+, dan Facebook untuk berkomunikasi dengan para pelanggan, menciptakan brand recognition, dan menjawab pertanyaan pelanggan dengan cepat.
  5. Buat brand advocates. Salah satu cara untuk mempromosikan bisnis Anda adalah dengan pemasaran word of mouth. Jika pelanggan Anda mengatakan hal yang baik tentang bisnis Anda, cara tersebut dapat menarik teman-teman dan keluarga mereka untuk membeli produk atau layanan bisnis Anda. Sangatlah penting untuk mengidentifikasi pelanggan terbaik Anda dan meminta mereka memberikan testimoni tertulis dan video.
      
    Manfaat pemasran online

    Menurut Kotler (1997, pp318-319) layanan online menjadi begitu populer karena, pertama, mereka memberikan tiga manfaat utama bagi pembeli potensial: 

    • Kemudahan 
    Pelanggan dapat memesan produk 24 jam sehari di mana mereka berada. Mereka tidak harus berkendara, mencari tempat parkir, danberjalan melewati gang yang panjang untuk mencari dan memeriksa barang-barang. Dan mereka tidak harus berkendara ke toko, hanya untuk menemukan bahwa barang yang dicari sudah habis. 

    • Informasi 
    Pelanggan dapat memperoleh setumpuk informasi komparatif tentang perusahaan, produk, dan pesaing tanpa meninggalkan kantor atau rumah mereka. Mereka dapat memusatkan perhatian pada kriteria objektif seperti harga, kualitas, kinerja, dan ketersediaan. 

    • Rongrongan yang lebih sedikit 
    Dengan layanan online, pelanggan tidak perlu menghadapi atau melayani bujukan dan faktor-faktor emosional. 

     

    • Penyesuaian yang cepat terhadap kondisi pasar 
    Perusahaan dapat dengan cepat menambahkan produk pada penawaran mereka serta mengubah harga dan deskripsi. 

    • Biaya yang lebih rendah 
    Pemasar online mencegah biaya pengelolaan toko dan biaya sewa, asuransi, dan prasarana yang menyertainya. Mereka dapat membuat katalog digital dengan biaya yang jauh lebih rendah daripada biaya percetakan dan pengiriman katalog kertas. 

    • Pemupukan hubungan 
    Pemasar online dapat berbicara dengan pelanggan dan belajar lebih banyak dari mereka. Pemasar juga dapat meng-upload laporan yang berguna, atau demo gratis perangkat lunak mereka, atau contoh gratis surat berkala mereka ke dalam sistem. Pelanggan kemuian dapat men-download perangkat- perangkat tersebut ke dalam kotak surat elektronik mereka. 

    • Pengukuran besar pemirsa 
    Pemasar dapat mengetahui berapa banyak orang yang mengunjungi situs online mereka dan berapa banyak yang singgah di tempat tertentu dalam situs tersebut. Informasi ini dapat membantu pemasar meningkatkan penawaran dan iklan mereka. 
     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar